26 Desember 2009

Syukur = Sukses


Jika dianalogikan dengan persamaan matematika, proses mencapai kesuksesan dan keberhasilan bisa dibuat dengan persamaan : Syukur = Sukses, bersyukur sama dengan kesuksesan...sesederhana itu. 

Mengapa dengan bersyukur merupakan jalan bagi kesuksesan ?

Bersyukur (gratitude) diajarkan di hampir semua agama dan merupakan suatu hal yang dominan dalam bidang motivasi dan pengembangan diri. Sebetulnya apa sih bersyukur itu dan kekuatan apa yang ada didalamnya?

Bersyukur mempunyai kekuatan yang besar untuk merealisasikan mimpi menjadi kenyataan, merupakan jalan bagi hukum-hukum universal seperti hukum atraksi (Law of Attraction), hukum kelimpahan, dan hukum lainnya yang mampu mendatangkan semua kebaikan (uang, kekayaan, kesehatan, kebahagiaan, dll).
Dengan bersyukur, akan mempercepat pertumbuhan dan sukses, menghilangkan perasaan kekurangan, membebaskan diri dari ketergantungan terhadap hasil akhir (outcome) dan selalu berada pada pikiran, perasaan, dan motivasi yang positif.

Di dalam literatur Barat mengenai kekayaan dan kesuksesan, selalu terdapat syukur didalamnya.
Dalam bukunya "The Secret" karangan Rhonda Byrne yang terkenal dengan prinsip "Law of Attraction" atau hukum tarik menarik, poin intinya adalah bersyukur.

"Melalui semua yang telah saya baca dan alami dalam hidup dengan menggunakan rahasia ini, kekuatan syukur lebih menonjol dibandingkan yang lain" - Rhonda Byrne

"Syukur adalah jalan yang mutlak untuk mendatangkan lebih banyak kebaikan ke dalam hidup anda" - Marci Shimoff

Dalam bukunya Joe Vitale "The Attractor Factor", Hukum Ketertarikan untuk menciptakan apapun yang Anda inginkan dalam hidup, kunci utamanya adalah bersyukur.
Begitu juga dengan buku kesuksesan klasik karya Wallace D. Wattles, "The Science of Getting Rich" yang menjadi acuan pemikiran dari pengarang Barat dalam bidang kesuksesan dan pengembangan diri, juga berfokus pada rasa syukur (gratitude).

Pembahasan penting dari rasa syukur juga mendasari pemikiran Erbe Sentanu (Quantum Ikhlas), Ary Ginanjar (ESQ), dan Ust. Yusuf Mansur (Kekuatan Infaq) serta lebih jauh lagi di dalam agama Islam, terdapat kalimat syukur yang berulang-ulang dalam Al-Qur'an.

"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS. 14:7)

Katakanlah : "Dia-lah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati." (Tetapi) amat sedikit kamu bersyukur. (QS. 67:23)

Rasa syukur mendasari dan diaplikasikan dalam semua ibadah dalam Islam : melalui do'a, dzikir, sholat dan zakat merupakan perwujudan dari rasa syukur dan jalan bertaqwa kepada Allah SWT.

Pembahasan keajaiban dan keutamaan syukur serta bagaimana mengaplikasikannya untuk meraih kesuksesan dan mendatangkan semua kebaikan dalam hidup ini, dipelajari secara mendalam serta terperinci dalam ilmu Spiritualpreneurship : Panduan membangun kekayaan, kebebasan finansial, dan kesuksesan dengan prinsip-prinsip Ketuhanan (Ilahiyah).

Berkah adalah hadiah dari Yang Maha Kuasa, bersyukur adalah tindakan sadar untuk mengambil hadiah tersebut.
Jadi, sudahkah kita bersyukur ?




NB : Jika Anda suka artikel ini, silakan bagi ke teman FACEBOOK Anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar